Presiden Jerman Terpilih dari Mantan Menlu

0
32
[Foto, Istimewa]

Media IndonesiaRaya – Mantan menteri luar negeri (menlu) Frank-Walter Steinmeier terpilih sebagai presiden Jerman, Minggu (12/2), jabatan yang praktis sifatnya hanya seremonial di negara itu. Steinmeier akan menjadi presiden ke-12 Jerman pasca-perang dunia.

Steinmeier, anggota partai Sosial Demokrat yang pensiun dari jabatan menlu bulan lalu, mendapat 931 dari 1.239 suara sah para anggota parlemen dan 16 wakil negara federal di Jerman. Sebanyak 103 pemilik suara abstain, dan 14 suara dinyatakan tidak sah.

Setelah ketua parlemen Norbert Lammert mengumumkan hasilnya, semua pemilik suara berdiri dan bertepuk tangan, kecuali puluhan anggota partai populis Alternatif Untuk Jerman (Alternative for Germany/AfD).

AfD, partai yang dikenal anti imigran, tidak memiliki wakil di majelis rendah namun menguasai 10 dari 16 kursi negara federal di parlemen.

Partai ini diprediksi akan tumbuh menjadi yang terbesar ketiga di negara itu usai pemilu 24 September mendatang. AfD punya calon presiden mereka sendiri, namun hanya mendapatkan 42 suara.

Kanselir Angela Merkel menyambut baik kemenangan Steinmeier.

“Saya punya keyakinan pada dia untuk memimpin bangsa kita melewati masa-masa yang sulit ini,” kata Merkel, yang juga tengah mengincar masa jabatan yang keempat.

Presiden sekarang, Joachim Gauck, akan mengakhiri masa jabatannya pada 18 Maret, (BRT/bs.c)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here