Gueterres Sekjend PBB Tunjuk Kepala Misi Perdamaian Baru Persatuan Bangsa-Bangsa

0
28

[Foto, Istimewa]
Jakarta, Media IndonesiaRaya – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres menunjuk seorang diplomat asal Prancis, Jean-Pierre Lacroix sebagai kepala misi perdamaian yang baru menggantikan Herve Ladsous. Ladsous diganti karena menolak tawaran perpanjangan masa kerja di program perdamaian PBB.

Lacroix akan memegang jabatan itu selama satu tahun dan dimulai pada 1 April mendatang.

Selain itu, PBB turut memperpanjang masa kerja tiga pegawai seniornya demi memperbarui program perdamaian dan keamanan badan dunia itu. Tiga pejabat senior yang dimaksud adalah Oscar Fernandez-Taranco, asisten sekretaris jenderal untuk misi perdamaian; Atul Khare, kepala operasi lapangan PBB; dan Jeffrey Feltman, kepala bidang politik PBB.

Ketiganya dikabarkan menerima tawaran Gutteres untuk terus mengabdi sampai April 2018.

“Saya telah mengumumkan memperbarui program perdamaian, strategi keamanan berikut infrastruktur dan jajaran personelnya adalah prioritas lembaga ini,” kata Guterres yang mulai menjabat sebagai Sekjen PBB Desember lalu.

“Kerja penting itu membutuhkan keahlian dan pengalaman seluruh petinggi serta staf PBB,” ujarnya menambahkan.

Penggantian sejumlah posisi di PBB ditujukan untuk mengantisipasi audit internal dalam program perdamaian dan keamanan yang akan tuntas Juni mendatang. Hasil audit internal nantinya akan dibagi ke seluruh negara anggota PBB, (BRT/s.c)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here