Hari Ini Alumni UI Gelar Diskusi Kawal Pilkada DKI Jakarta

0
22

Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya

Bertempat di Sekretariat Ikatan Alumni UI (ILUNI), Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Kamis (23/03/2017), Ikatan Alumni Universitas Indonesia (“ILUNI UI”) mengadakan acara diskusi dengan tujuan mengawal putaran kedua pemilihan kepala daerah alias Pilkada DKI Jakarta. Salah satu langkah pengawalannya melakukan diskusi publik yang bertemakan “Pelanggaran dan Kecurangan Antara Isu dan Realita” mendatangkan pembicara yang langsung berhubungan dengan Pilkada ini, diantaranya Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno dan Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Mimah Susanti. Selain itu juga dihadiri tim pemenangan dari kedua Cagub dan Cawagub.

Menurut Ketua Umum ILUNI UI, Arief Budhy Hardono, diskusi ini merupakan tindak lanjut dari pemantauan tim ILUNI UI saat putaran pertama Pilkada DKI. “Tim ILUNI UI memantau Pilkada putaran pertama kemarin, dan kami menemukan beberapa pelanggaran dan potensi kecurangan dilapangan,” tutur Arief disela acara diskusi. Pada putaran pertama, selain melakukan pemantauan langsung di TPS, #IluniUIKawalPilkada juga melakukan cek silang hasil di TPS dengan data C1 yang diunggah KPUD di web https:/pilkada2017.kpu.go.id untuk memastikan akuntabilitas proses rekapitulasi suara secara elektronik dan Situng KPUD.

Dari hasil pantauan tersebut telah ditemukan beberapa indikasi money politics dan petugas KPPS yang kurang profesional, pemilih terdaftar di DPT tapi tidak mendapatkan formulir C6, DPTb dan kurangnya surat suara, dan lain sebagainya.

Menindaklanjuti temuan tersebut, ILUNI UI mendesak agar penyelenggaraan Pilkada putaran dua nanti lebih ketat dan menekan kemungkinan kecurangan dari pihak manapun. “Diskusi ini adalah bagian dari upaya alumni UI untuk berkontribusi bagi penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua yang bebas kecurangan, supaya hasilnya dipercaya oleh publik,” ujar Arief. (Erwin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here