Kesabaran AS Atas Korut Sudah Habis, Inilah Pernyataan Pedas Trump

0
52

[Foto Donald Trump Presiden Amerika, Ist]

Jakarta, MediaINDONESIA Raya – PRESIDEN Donald Trump mengatakan “kesabaran strategis” Amerika Serikat terhadap Korea Utara sudah berakhir, dan kini saatnya untuk “respons terarah.” Pernyataan disampaikan Trump dalam sebuah konferensi pers gabungan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Gedung Putih, Washington, Jumat 30 Juni 2017.

“Bersama-sama, kita menghadapi ancaman dari rezim brutal,” ucap Trump, seperti dilansir BBC.
“Korut sebaiknya memilih jalan yang lebih baik dalam waktu dekat,” lanjut dia.

Sementara itu Moon menilai masalah dengan Korut ini perlu diselesaikan melalui dialog dengan para pemimpinnya, termasuk Kim Jong-un. Ia menambahkan negaranya akan mengejar reformasi sektor pertahanan dan terus membangun kapasitas untuk melindungi diri sendiri.

Moon mengakui masalah Korut adalah prioritas utama dalam dialognya dengan Trump. “Hanya keamanan kuat yang bisa menghadirkan perdamaian di kawasan Asia Pasifik,” ungkap dia. AS telah mendesak China, sekutu utama Korut, untuk berbuat lebih banyak dalam menghadapi ancaman nuklir dan misil Pyongyang.

Namun dalam sebuah tulisan di Twitter beberapa hari lalu, Trump menilai usaha China tidak membuahkan hasil.

Trump mengatakan Washington terus bekerja sama dengan Korsel dan Jepang beserta seluruh mitra di dunia dalam berbagai sektor kemitraan. Hal tersebut dinilai Trump diperlukan demi menghadapi ancaman bernama “Korut.”

“Era dari kesabaran strategis dengan Korut sudah gagal sejak bertahun-tahun lalu. Sekarang, kesabaran itu sudah habis,” sebut Trump.(BRT/MI.c)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here