Kabupaten Tojo Una-Una Launching Festival Pesono Lipuku Tojo Una-Una Togean 2017 Di Kementerian Pariwisata

0
62

Foto : Erwin
Jakarta, Media Indonesia Raya – Dalam rangka mempromosikan sektor pariwisata dan alamnya yang indah, Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah akan menggelar event berskala nasional dan internasional pada bulan Oktober – November 2017.
Sebagai langkah awal perhelatan akbar itu akan diadakan launching Festival Pesono Lipuku Tojo Una-Una Togean 2017 di Ballroom Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jl. Merdeka Barat No. 17, Jakarta Pusat, Kamis  (27/7/2017).
Dalam sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE mengatakan melalui kegiatan ini menjadi motivasi untuk meningkatkan sumber daya pariwisata dan sebagai miniatur untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke negara ini.
“Maksud dan tujuan diadakannya event “Pesona Lipuku” adalah untuk mempromosikan potensi pariwisata kabupaten Tojo Una-Una baik yang ada di daratan Ampana sampai daerah Tojo dan khususnya obyek wisata Bahari di Kepulauan Togean. Menjadi destinasi pariwisata bagi wisatawan mancanegara maupun dalam negeri ke kabupaten Tojo Una-Una . Sekaligus memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat secara langsung terhadap pengunjung yang akan menikmati event “Pesona Lipuku” dalam rangka menuju Pemerintahan Touna Hebat,” katanya.
Selain itu event ini ditujukan untuk lebih memperkenalkan lagi keanekaragaman budaya dan adat istiadat di kabupaten Tojo Una-Una  (Suku Baree, Suku Taa, Suku Togean, Suku Saluan, Suku Bobongko dan Suku Bajou) jelas Mohammad Lahay.
“Akan ada banyak acara perlombaan di event nanti seperti lomba mancing mania, lomba renang 100 meter gaya bebas, perahu layar, sepeda tour de togean touna dan lain-lain. Kami mengharapkan wisatawan yang hadir sekutar 3000 pengunjung, sedangkan acara “Pesona Lipuku” ini rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 21 Oktober sampai 11 November 2027 di dua tempat yaitu pembukaannya di Kecamatan Ratorindo dan Kepulauan Togeannya,” tandasnya. (Erwin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here