Panitia Pelaksana Jambore Kebangsaan Dan Wirausaha Adakan Dialog Kebangsaan Mahasiswa-Mahasiswa Pemuda Indonesia Mandiri

0
39

Foto : Erwin

Ĺp – Hari ini, Selasa (3/9), berlokasi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Panitia Pelaksana Jambore Kebangsaan Dan Wirausaha Adakan Dialog Kebangsaan Mahasiswa-Mahasiswa Pemuda Indonesia Mandiri yang rencananya diadakan di Buper Mandalawangi, Cibodas, dari tanggal 24-29 Oktober 2017.

Menurut Ketua Umum PengurusBesar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Mulyadi P. Tamsir mengatakan bahwa faktor ekonomi adalah prasyarat penting bila Indonesia ingin mandiri berdaulat dan berjaya. Indonesia akan menjadi negara gagal bila ekonomi Indonesia terpuruk.

“Kita sama-sama menyadari bahwa Indonesia belum unggul dalam persaingan ekonomi global. Tapi kita juga perlu sadari bahwa kita memiliki hampir seluruh prasyarat menjadi kekuatan besar ekonomi dunia. Saat ini panggung ekonomi dimiliki anak-anak muda, maka Forum Cipayung Plus perlu menyiapkan strategi dan upaya serius agar anak-anak muda Indonesia tersadar dan bergerak membangun ekonomi bangsa sebagai upaya mewujudkan kejayaan Indonesia,” ujar Mulyadi.

Sementara itu Ketua Umum KAMMI Kartika Nur Rakhman menyatakan bahwa organisasi-organisasi yang terhimpun dalam Forum Cipayung Plus memiliki jumlah kader yang besar, sistem kaderasisasi yang mumpuni, kompetensi keilmuwan, jaringan dan determinasi gerakan yang tinggi. Bila potensi ini terkonversi menjadi gerakan kebangkitan ekonomi dari kaum muda, tentu kita akan menyaksikan lahirnya anak-anak muda yang tumbuh menjadi wirausahawan dan pemgusaha baru yang  menyokong pembangunan ekonomi nasional.

“Sejarah kebangkitan Indonesia senantiasa dimotori kaum muda, mulai dari Sumpah Pemuda hingga Reformasi. Forum Cipayung Plus melalui Jambore Kebangsaan dan Wirausaha ingin mengembalikan kiprah kaum muda dengan menjadi motor Kebangkitan Ekonomi Indonesia hingga bisa mandiri, kompetitif, dan akhirnya kejayaan Indonesia bisa terwujud,” ujar Nurohman

Selain itu, dalam Diskusi Kebangsaan ini Forum Cipayung Plus juga melakukan Grand Launching Jambore Kebangsaan dan Wirausaha yang akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas Jawa Barat. Ketua Panitia Jambore Kebangsaan dan Wirausaha Agus Harta mengatakan bahwa Jambore ini akan diikuti 5.000 peserta dari seluruh Nusantara dengan aneka kegiatan seperti pembukaan bersama Presiden Jokowi, Studium General, Patriot Camp, Bootcamp, Wirausaha, Out Bond, Perlombaan, Bakti Sosial, Pemecahan Rekor MURI dan juga Ekspedisi.

“Cita-cita Jambore Kebangsaan dan Wirausaha ini adalah menyatukan dan mempersaudarakan mahasiswa-pemuda Indonesia, serta membangkitkan kesadaran dan gerakan ekonomi generasi muda hingga lahir geliat ekonomi baru yang menjadi modal bagi kebangkitan ekonomi nasional. Muaranya adalah ekonomi bangsa yang mandiri, kompetitif, dan menghantarkan Indonesia pada kejayaan. Dan pemuda yang berkumpul dalam Jambore Kebangsaan dan Wirausaha adalah motor dari kebangkitan ekonomi Indonesia kedepan,” pungkas Agus. (Erwin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here